Indonesia Harus Bawa Masalah Pendet ke Internasional

Posted by Ilham Prasetyo Minggu, 23 Agustus 2009 0 komentar

JAKARTA - Pemerintah didesak untuk mengambil langkah lebih lanjut masalah klaim Malaysia atas Tari Pendet yang ditanyangkan dalam iklan Visit Malaysia 2009. Jika perlu membawa masalah ini ke hukum internasional.

Anggota Komisi X DPR Hafidz Ma'soem saat dihubungi okezone mengatakan sudah sepantasnya pemerintah untuk mendesak Menteri Pariwisata dan Budaya untuk merebut kembali Tari Pendet yang nyata-nyata merupakan tari yang berasal dari Bali.

"Segera desak kepada menteri, permintaan untuk minta tegas seni budaya yang diambil bangsa asing dan menuntut hak kita di mata dunia," kata Hafidz, Sabtu (22/8/2009).

Opini internasional sudah terbentuk, bahwa Indonesia sebagai negara yang memiliki ragam budaya seringkali dirampok oleh negara lain. "Jadi sikap pemerintah harus tegas dengan menyerahkannya ke dalam mekanisme hukum internasional," imbuhnya.

Hafidz sendiri merasa sedih dengan perlakuan Malaysia terhadap budaya-budaya milik Indonesia. "Sebagai warganegara Indonesia sangat menyesalkan dan menyayangkan, karena adanya pengklaiman sepihak bahwa Tari Pendet diklaim sebagai milik budaya Malaysia," ungkapnya.(hri)

Sumber :  OKEZONE  :)




0 komentar:

Posting Komentar

Terimakasih telah membaca Artikel Ini Dan Jangan Lupa untuk memberikan komentarnnya ...