TIPS menggunakan NOTEBOOK/Laptop yg DIANJURKAN

Posted by Ilham Prasetyo Selasa, 29 Maret 2011 2 komentar
Media Info - Merawat menggunakan Laptop memang gampang-gampang sulit oleh karena itu saya ingin berbagi tips kepada kalian semua bagaimana merawat dan menggunakan Laptop dengan benar, tips ini saya dapatkan dari kaskus. Dari pada lama-lama langsung aja deh  :
 

  1. Jangan gunakan laptop di sofa/kasur/permukaan lembut lainya yg dpt mengganggu sirkulasi udara
  2. Silakan pake 24 jam nonstop kalau hanya untuk office dan internet
  3. Untuk GAMING istirahatkan 2-3 jam sekali cukup 15-20 menit, setelah itu genjot lagi silakan
  4. Saat gaming dianjurkan tersambung dgn listrik
  5. Penggunaan langsung colok listrik tanpa battery harus melalui UPS dan stavolt, kalau colok listrik dan battery tetap terpasang ga usah pake UPS/stavolt coz battery bisa menjadi  regulator listrik yg tidak stabil
  6. Gaming di windows 7 power option pilih mode balance atau high performance
  7. Tidak perlu overclock berlebihan
  8. Disarankan gunakan coolpad/kipas untuk menjaga suhu, ga harus sich
  9. Jaga kesehatan anda dengan berolahraga ringan dan menghindari duduk di depan laptop terlalu lama
  10. Jangan terlalu asyik di dunia Maya / virtual, jangan lupa selesaikan kewajiban anda di REAL LIFE 

selain sopwer office dan kebutuhan dasar lainnya agan perlu utility yg mantab untuk menjaga performa
sopwer2 yg dianjurkan untuk laptop agan2 :

  •     tuneup utilities/glary utilities
  •     battery care
  •     CCleaner
  •     java runtime terbaru
  •     adobe flash terbaru
  •     NET framework terbaru

silakan donlot via googling aja, atau ke softpedia pasti dapat





Cara Memperpanjang Masa Hidup Notebook

  1. Setting Power Management
  2. Memperbesar Kapasitas Memori (RAM)  Hal ini untuk mengurangi terjadinya pengaktifan virtual memory ke hard disk. Seperti kita ketahui, daya hard disk ketika melakukan putaran penuh akan lebih memakan daya dibandingkan dengan sebuah RAM atau memory.
  3. Melakukan Defrag System Proses Defrag akan mempercepat waktu baca hard disk. Hal ini akan membuat hard disk bekerja dengan lebih efisien dan Anda dapat membuka aplikasi dengan lebih cepat.
  4. Menurunkan Kontras Menurunkan kontras layar notebook akan mempengaruhi daya tahan hidup. Anda dapat menurunkan pada setting yang masih nyaman di mata, Biasanya, konfigurasi kontras layar ini sudah ada dalam setting Power Management. Namun, bila Anda kurang nyaman, Anda dapat menaikkan kontras beberapa level.
  5. Matikan Proses/Program yang berjalan di background. Semakin banyak proses/program yang berjalan di background, semakin cepat pula baterai terpakai. Untuk itu, lebih baik matikan saja aplikasi yang berjalan di background. Anda dapat mematikan proses/program di background ini melalui “Run->msconfig” lalu pilih tab “startup”. Namum, pilihlah program yang akan dimatikan dengan bijak dan hati-hati.
  6. Jangan Tinggalkan CD/DVD pada Optical Drive Sering kali kita lupa untuk mengeluarkan CD dari optical drive. Hal ini akan membuat optical drive tetap memasok listrik untuk perangkat tersebut. Bahkan, notebook terkadang akan memutar optical drive tanpa kita suruh. Hal ini cukup mengurangi daya baterai.
  7. Lepas Perangkat dari USB port walaupun hanya memakan daya kecil tetap saja, perangkat yang terkoneksi pada USB port (Flash disk, USB hard drive, dan sebagainya) akan mengurangi daya tahan hidup notebook Anda. Cabut bila perangkat tersebut tidak lagi Anda gunakan.
  8. Matikan Feature Konektivitas yang Tidak Perlu matikan konektivitas Wi-Fi ataupun Bluetooth bila Anda sedang tidak memerlukannya. Perangkat ini akan terus menerus mengirim sinyal yang dapat menguras daya tahan baterai. Misalnya Anda hanya memerlukan Wi-Fi, maka bluetooth bisa Anda matikan.
  9. Pilih Mode Hibernate, bukan Standby
  10. Hindari Praktik Multi-tasking semakin banyak aplikasi yang dibuka, hard disk akan semakin sering bekerja. Hal ini akan memakan daya lebih besar dibandingkan ketika Anda menjalankan satu aplikasi.
  11. Switching Graphics bila notebook Anda mempunyai dual graphic dan harus memilih secara manual, jangan lupa untuk mengubahnya dengan graphics yang lebih hemat daya.
  12. Ganti Hard Disk dengan SSD selain lebih sedikit memakan daya, SSD mempunyai waktu buka tutup aplikasi yang lebih cepat dan tidak menghasilkan panas berlebih yang akan mempengaruhi komponen di sekitarnya. Semoga sejumlah tips di atas dapat membantu Anda menjaga daya tahan baterai ketika notebook sedang mobile. Bila Anda memiliki tips lain, silahkan tulis di bagian komentar. Kami akan terus menambahkan bila ada masukan dan saran dari Anda.
  
CARA MEMBAWA

Jangan membawa notebook dalam keadaan standby karena akan mempengaruhi hard disk Anda. Membawa notebook dalam keadaan standby akan merusak hard disk Anda. Hal ini disebabkan karena piringan hard disk Anda masih berputar, mata hard disk tidak dalam posisi aman dan masih berada di atas piringan. Posisi ini akan membuat piringan hard disk Anda baret dan dapat mengakibatkan kerusakan dan kehilangan data. Walaupun begitu, hal ini tidak berlaku untuk noteboook yang menggunakan storage SSD.

CARA MENYIMPAN


Cara menyimpan notebook mungkin merupakan hal yang sepele dan suka terabaikan oleh beberapa orang. Simpan notebook Anda pada tempat yang tidak lembab dan usahakan simpan dalam kantong untuk menghindari casing notebook Anda baret. Jangan lupa, letakkan notebook pada tempat yang datar. Jangan pernah menumpuk barang di atas notebook Anda ketika sedang tidak digunakan. Tumpukan benda tersebut akan menekan layar LCD notebook dan mengakibatkan kerusakan pada layarnya dan yang terparah LCD retak. Selain itu, hindari notebook dari pancaran sinar matahari langsung. Hal ini akan membuat notebook Anda panas dan akan mengakibatkan beberapa komponen luar yang terbuat dari karet akan mengeras dan membuat casing Anda memudar warnanya.


 

by : Nuva

2 komentar:

Driver Windows mengatakan...

nice tips buddy..
keep blogging :)

gogo2011 kobamusaji mengatakan...

thank banget utk informasinya sangat penting, saya biasanya meletakan notebook, jika terpaksa di tempat sofa atau kasur, menambahkan alas yg keras agar anginnya tdk terganggu.

Posting Komentar

Terimakasih telah membaca Artikel Ini Dan Jangan Lupa untuk memberikan komentarnnya ...