Stop Menunda Tugas Kuliah !! ..

Posted by Ilham Prasetyo Senin, 24 Maret 2014 4 komentar
Tidak ada alasan untuk malas mengerjakan tugas kuliah !!..
Sebagai seorang mahasiswa pastilah disibukan yang namanya tugas dari dosen, apalagi di bangku mahasiswa ini kita semua harus mengerjakan tugas secara mandiri. Beda dengan di bangku SMA dulu kita hanya mendengarkan guru sampai tuntas menjelaskan dan diberikan tugas yang sesuai dengan yang guru contohkan di kelas. Kalau di bangku kuliah kita dituntut lebih mandiri oleh dosen, dan itu sangat baik menurut saya agar kita bisa lebih berkembang secara pemikiran karena kita lebih banyak berfikir cara memecahkan masalah dengan tugas yang diberikan oleh dosen. Tetapi tidak jarang pula semua mata kuliah memberikan tugas sehingga mahasiswapun bingung dalam memanajemen waktu untuk mengerjakan tugas dari beberapa dosen tersebut, sehingga membuat mahasiswa banyak yang menunda-nunda waktu dalam mengerjakan tugas tersebut. Bukan masalah waktu juga yang di hadapi oleh mahasiswa tetapi rasa malas yang membuat para mahasiswa itu menjadi terbelenggu oleh kenyamanan dirinya untuk bermalas-malasan. Ada juga yang tidak tau cara mengerjakannya sehingga mereka lebih memilih tidak mengerjakannya dan masih banyak lagi alasan untuk tidak mengerjakan tugas tersebut.
Jelas semua alasan diatas bukanlah tidak ada solusinya pasti ada solusi untuk memanejemen masalah rasa malas, ketidaktauan, kurangnya waktu dan lain-lain. Sehingga tugas yang diberikan oleh dosen bisa kita kerjakan dengan baik dan selesai tepat waktu.
Saya pernah membaca artikel yang berhubungan dengan rasa malas di sumutpos.co yang berjudul “Tips Mengusir Rasa Malas dan Menunda Tugas”, di artikel tersebut ditulis kebanyakan kita sering menunda-nunda waktu melakukan sesuatu hal karena kita cenderung memikirkan hal yang negatif diwaktu yang akan datang. Benar saja contohnya saja kita mau mengerjakan tugas tapi kita tidak tau cara mengerjakannya dan takut salah dalam pengerjaan tugas tersebut sehingga kita memilih untuk menunda-nunda bahkan tidak mengerjakan tugas tersebut sama sekali. Jelas itu bukan suatu solusi yang baik untuk kita bukan. Maka dari itu hindarilah pemikiran-pemikiran yang negatif dari diri kita sehingga kita mau belajar dan berani dalam mengerjakan sesuatu yang baik walaupun itu salah toh kalau salah kita juga yang mengerjakan dan otomatis kita sendiri pula tau yang salah dari kerjaan kita.

Saya akan memberikan sedikit tips bagai mana cara menghilangkan rasa malas itu :

1.    Manajemen waktu
Kenapa kita harus memanajemen waktu ? jawabannya jelas agar semua kerjaan kita tidak acak-acakan. Kita diberi waktu 24 jam untuk melakukan aktifitas seharusnya kita bisa menggunakan waktu tersebut sebaik mungkin tidak boleh ada waktu yang terbuang sia-sia. Jadi mulai sekarang mulailah mengatur waktu anda agar semua waktu yang telah ada bisa anda manfaatkan dengan sebaik mungkin. Buatlah agenda kegiatan agar semuanya berjalan dengan baik.

2.    Menghilangkan rasa malas
Rasa malas memang sering sekali menginggap di diri kita sehingga kita malas dalam mengerjakan segala aktifitas kita termasuk mengerjakan tugas yang diberikan oleh dosen sehingga tidak jarang banyak orang yang terjerumus dalam nikmatnya bermalas-malasan. Jelas virus malas harus kita hilangkan karena ini virus individu dari setiap orang. Jadi jika ada tugas dari dosen kita langsung mengerjakannya dari sekarang atau setelah pulang kuliah langsung dikerjakan jadi tidak ada lagi menunda-nunda pekerjaan sehingga tidak ada tekanan stress yang berlebihan karena kita sudah menyelesaikannya sedikit demi sedikit.

3.    Selalu Merasa Sempurna
Munkin ini yang membuat kita menjadi tertekan dalam mengerjakan tugas karena kita mau mengerjakan tugas itu dengan sesempurna mungkin sehingga kita membutuhkan banyak waktu atau malah tidak mengerjakan sama sekali karena kita tidak merasa mampu membuat tugas itu sesempurna mungkin, memang mengerjakan dengan nilai sempurna itu impian kita tapi ingat tujuan kita kuliah adalah belajar jadi biarkanlah proses yang membuat kita menjadi sempurna toh dosen juga tidak bakalan memarahi kita jika tugas kita tidak sempurna tapi pasti kita diberikan masukan agar kita bisa menjadikan tugas itu menjadi lebih sempurna dan proses menjadi sempurna itu terlihat lebih indah jika banyak pihak yang memberikan masukan dan kita terus-terusan mau belajar untuk mejadi sempurna.
Jadi mulai sekarang tidak ada lagi alasan untuk tidak mengerjakan tugas tidak ada lagi keluhan-keluhan tugas dari semua dosen mata kuliah karena kita semua bisa mengerjakannya dan mengatur waktunya. Ingatlah jika kita mengisi waktu kita untuk belajar dan mengerjakan hal yang bermanfaat kita akan mendapatkan sesuatu yang baik pula di kemudian hari.

4 komentar:

fb mengatakan...

Semakin dituna tugasnya semakin numpuk sob

Mangkaliat mengatakan...

virus malas memang harus dimusnahkan untuk memperbaiki generasi bangsa Indonesia

Perusahaan O.D.A.P mengatakan...

BLog Anda Sangat Bagusss...

Kesempatan Kerja Sampingan Gaji Hingga 15 Juta/bln

1. Karyawan tetap, gaji pokok 2 jt/bln.
2. Segala jurusan SMU, SMK, D1, S1 dll..
3. Tugas pekerjaan dapat dikerjakan melalui HP, warnet, Rumah, Sekolah dll (dengan system online) tanpa mengganggu rutinitas anda sehari-hari.
4. Tugas pekerjaan: Mengentry data (memasukkan data) secara online melalui web perusahaan.
5. Gaji : Per entry data Anda dibayar 10rb rupiah, Bila sehari anda sanggup mengentry 50 data maka GAJI Anda 10rbX50Data=500rb rupiah/hari, Bila dalam 1 bln maka 500rbX30hari=15Juta/bln.
6. Kesempatan terbatas untuk 200 orang.
7. Pendaftaran: Kunjungi "WEBSITE" kami dibawah iklan ini, daftarkan nama lengkap dan email anda untuk verifikasi keanggotaan.

http://newkerjaonline2014.blogspot.com/

Ahmad Saadillah mengatakan...

Cipto Junaedy
unit link terbaik di Indonesia Commonwealth Life investra link

Posting Komentar

Terimakasih telah membaca Artikel Ini Dan Jangan Lupa untuk memberikan komentarnnya ...